Dec 12, 2009

tidak dipungkiri lagi kecintaan kita orang - orang Minahasa kepada tanah Toar Lumimuut ini, tapi ada beberapa Objek Pariwisata di tanah Minahasa yang sekarang ini sudah mulai kita lupakan dalam kata lain sudah tidak kita lestarikan lagi berikut saya coba mengupasnya dan memberi tahukan kepada kita agar dikemudian hari kita bisa memperbaikinya.
1. DANAU TONDANO
Masih teringat jelas di benak saya ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar tentang perkataan dari beberapa pemimpin di daerah kita tentang adanya pelestarian dan pengembangan danau tondano, Yakni danau Tondano akan diolah menjadi danau yang indah untuk menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di wilayah indonesia bahkan di seluruh dunia, tapi kenyataannya danau ini seakaan terlupakan tidak ada penanganan yang jelas. bedasarkan cerita dari orang tua kita yang saya dengar bahwa kedalaman danau Tondano saat ini semakin berkurang (sudah lebih dangkal), tidak menutup kemungkinan beberapa puluh tahun yang akan datang anak cucu kita hanya akan melihat sebuah dataran yang luas dengan cerita indah tentang sebuah danau indah yang pernah ada di tanah toar lumimuut ini ketika mereka bertanya siapakah yang bertanggung jawab akan halitu jawabannya adalah kita sendiri, yah!!! kita yang tidak mau melestarikan salah satu ikon tanah minahasa ini. artikel ini sengaja saya buat untuk menggugah hati kita akan kecintaan kita kepada Danau Tondano.

2. LOJI TONDANO.

sebuah bangunan tua (LOJI) yang menjadi saksi bisu  sejarah Tou Minahasa masih berdiri kokoh, tapi jika kamu ingin melihat sekilas didalamnya anda hanya akan melihat sisa - sisa barang bersejarah yang kini menjadi barang rongsokan yang berdebu. tak perlu saya mengupas lebih jauh silahkan anda melihatnya sendiri. dan coba bayangkan dalam benak anda bagaimana bentuk dan isi yang sebenarnya bangunan ini pada waktu itu?           
   


3. Pantai indah tanah Minahasa.

Banyak pantai indah yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi objek wisata terkenal di tanah Minahasa.... namun belum adanya penanganan yang baik membuat panta - pantai ini dilupakan.

iklan

Popular Posts